Jumat, 16 Agustus 2013

BANGUN KEMBALI KARIR ANDA !

Cover Buku Business Model You
Usai membuat resensi singkat dari buku berjudul “Business Model Generation” karya Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur, saya sempat terkejut karena masih ada  karya mereka yang lain dan juga menarik. Pakar  Strategi Manajemen asal Swiss itu lagi lagi menerbitkan buku yang berjudul “Business Model You”. Buku apa gerangan ini?

Saya menghabiskan waktu empat hari untuk membaca dan memahami isi buku setebal 257 halaman tersebut. Karena dipicu rasa penasaran untuk mencari makna kunci buku ini?

Sungguh, saya memang menyiapkan cukup waktu untuk membaca beragam buku sebagai upaya “penyembuhan” dari karir yang tak kini menentu lagi. Bahkan nyaris jatuh karena tempaan idealisme berbeda dengan realita dunia kerja. Pada sisi lain, orang lain tidak pernah membedakan sisi humoniora dan sisi bisnis. Kebanyakan orang hanya menggunakan prinsip “pokoknya dapat duit”.

Ternyata, buku ini memberikan kesan kepada pembacanya untuk mencari jati diri, mengolah potensi-potensi diri menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Nilai itu dibangun dari kemampuan berpikir holistik namun cekatan bertindak lokal dan taktis. Pribadi kita dibangun untuk mampu memberikan manfaat secara sosial tanpa melupakan sisi ekonomi dan psikologi pribadi dan keluarga. Suatu kombinasi yang menarik dan mampu menumbuhkan semangat berkarya dan bekerja lagi.

Kunci dari buku ini adalah kemampuan pribadi untuk memetakan kontribusi atau orientasi kita pada jari-jari dari Roda Kehidupan. Roda kehidupan itu dibangun oleh delapan jari-jari yaitu (1) kreativitas/ekpresi diri; (2) cinta; (3) kegembiraan/rekreasi; (4) karier; (5) sahabat/keluarga; (6) pengembangan pribadi/spritual; (7) kekayaan/uang; (8) kebugaran/kesehatan. Jadi apa hidup anda hanya untuk cinta?  

Sudah tentu hidup tidak hanya untuk cinta khan? Atau hidup hanya dua atau tiga dari jari dari roda kehidupan. Nah, alat identifikasi untuk menyeimbangkan kedelapan jari-jari itu dan memiliki langkah dan arah yang tepat adalah selembar Kanvas Model Bisnis. Pada selembar kertas itu, pembaca akan dipandu lagi untuk mencari makna dari sembilan pokok perhatian kita yaitu: (1) Customer Segmen-Segmen pelanggan; (2) Value Proposition-Proposisi Nilai; (3) Channel-Saluran; (4) Customer relationship-Hubungan Pelanggan; (5) Revenue Stream-Arus Pendapatan; (6) Key Resources-Sumberdaya Utama; (7) Key Activities-Aktivitas Kunci; (8) Key Partnership-Kemitraan Utama; (9) Cost Structure-Struktur Biaya.

Memang tidak mudah untuk membaca sebuah buku, apalagi mencari makna hakikat sebuah kehidupan. Tetapi buku ini sangat taktis untuk mencapai maksud tersebut karena dipandu secara teknis dan diberikan sederet contoh kasus untuk membuktikan masalah dan solusinya.

Untuk mengetahui makna kesembilan kelompok perhatian itu, Anda harus membeli, membaca, mengkaji, dan menerapkan latihan-latihannya supaya juga mendapatkan manfaat buku ini.

Selamat membaca!

Judul               : Busines Model You 
Penulis            : Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur
Penerbit           : Elex Media Komputindo-Indonesia
Tahun              : 2012
ISBN               : 979-442-374-2
Halaman         : 257


Kontak penulis diemail syukrimnur@gmail.com jika anda mengalami kesulitan dalam mengkaji buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar