Ulasan Singkat
Pustaka merupakan gagasan baru yang disajikan kepada pembaca laman ini sebagai
panduan awal dalam mencari buku yang mungkin sesuai dengan minat atau keahlian
yang hendak ditekuni. Buku ini dapat diperoleh melalui toko belanja online yang
paling populer yaitu:www.amazon.com. Selamat Membaca.
Rogoff, H.E.G.
2007. Bankable business plans 2nd ed, New York Rowhouse Publ. 282p. SBN–13:978-0-9791522-0-7. ISBN–10:0-9791522-0-8. Buku ini mengantarkan anda untuk mampu menyusun rencana bisnis (business
plan) yang layak dibiayai oleh bank atau mitra investasi. Pemikiran ini
merupakan langkah maju karena mempertimbangkan bank sebagai faktor penentu yang
memiliki kriteria pembiayaan yang ketat. Buku ini mempertajam analisa kelayakan investasi pada aspek keuangan selain kita mempertimbangkan aspek manajemen, teknis dan produksi, menejemen, pasar dan pemasaran.
SEGERA UBAH
ORIENTASI BISNIS ANDA !
Ada tiga pertanyaan yang mengawali buku berjudul “Membangun Model Bisnis”
(Terjemahan: Business Model Generation). Pertama, Apakah anda memiliki semangat
kewirausahaan? Kedua, Apakah anda selalu berpikir tentang bagaimana cara
menciptakan nilai dan membangun bisnis baru, atau bagaimana cara meningkatkan
atau mengubah organisasi? Ketiga, Apakah anda mencoba cara-cara inovatif dalam
berbisnis untuk menggantikan cara-cara lama yang sudah usang?
Jika anda menjawab “Ya” untuk salah satu dari ketiga pertanyaan tersebut,
maka diucapkan selamat bergabung dalam grup para visioner, penggerak perubahan,
dan pendpbrak yang berjuang menantang model bisnis yang ketinggalan zaman dan
mendesain perusahaan masa depan.
Buku yang ditulis oleh Pakar Strategi Manajemen asal Swiss, Alexander
Osterwalder dan Yves Pigneur, berupaya membuka cakrawala baru dalam mendesak
lahirnya inovasi baru dan mendobrak kemapanan unit usaha yang sedang anda
bangun. Bahkan selain strategi, juga terkesan menjadi panduan teknis dan
praktis karena dipersenjatai oleh sembilan kelompok perhatian yang ditulis
dalam selembar Kanvas Model Bisnis.
Kesembilan kelompok perhatian itu
adalah: (1) Customer Segmen-Segmen pelanggan; (2) Value Proposition-Proposisi
Nilai; (3) Channel-Saluran; (4) Customer relationship-Hubungan Pelanggan; (5)
Revenue Stream-Arus Pendapatan; (6) Key Resources-Sumberdaya Utama; (7) Key
Activities-Aktivitas Kunci; (8) Key Partnership-Kemitraan Utama; (9) Cost
Structure-Struktur Biaya.
Untuk mengetahui makna kesembilan kelompok perhatian itu, Anda harus
membeli, membaca, mengkaji, dan menerapkan latihan-latihannya supaya juga
mendapatkan manfaat buku ini.
Keunggulan buku ini terletak pada keterbukaan pemikiran yang digagas oleh
penulisnya, sehingga sajiannya merupakan ringkasan jejak 470 praktisi bisnis dari
45 negara. Sebuah peta kognitif yang berupaya mengantarkan Anda untuk segera
menjawab permasalahan bisnis yang sedang Anda hadapi. Paling tidak, Anda tidak
lagi mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan Pengusaha lain.
Bahkan buku yang diterjemahkan keberbagai bahasa ini, termasuk Bahasa
Indonesia, mampu memperkuat buku manajemen lain seperti Blue Ocean Strategy dan
Business Plan, melalui pola pikir dan pola tindak yang dipandu dalam hanya
selembar Kanvas Model Bisnis.
Selamat membaca!
Judul : Busines Model Generation
Penulis : Alexander Osterwalder dan Yves
Pigneur
Penerbit : Elex Media Komputindo-Indonesia
Tahun : 2010
ISBN : 978-0470-87641-1
Halaman : 292
Kontak penulis
diemail syukrimnur@gmail.com jika
anda mengalami kesulitan dalam mengkaji buku ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar