Resensi Singkat

Ulasan Singkat Pustaka merupakan gagasan baru yang disajikan kepada pembaca laman ini sebagai panduan awal dalam mencari buku yang mungkin sesuai dengan minat atau keahlian yang hendak ditekuni. Buku ini dapat diperoleh melalui toko belanja online yang paling populer yaitu:www.amazon.com. Selamat Membaca. 

Rogoff,  H.E.G. 2007. Bankable business plans 2nd ed, New York Rowhouse Publ.  282p. SBN–13:978-0-9791522-0-7. ISBN–10:0-9791522-0-8. Buku ini mengantarkan anda untuk mampu menyusun rencana bisnis (business plan) yang layak dibiayai oleh bank atau mitra investasi. Pemikiran ini merupakan langkah maju karena mempertimbangkan bank sebagai faktor penentu yang memiliki kriteria pembiayaan yang ketat. Buku ini mempertajam analisa kelayakan investasi pada aspek keuangan selain kita mempertimbangkan aspek manajemen, teknis dan produksi, menejemen, pasar dan pemasaran.  

SEGERA UBAH ORIENTASI BISNIS ANDA !

Ada tiga pertanyaan yang mengawali buku berjudul “Membangun Model Bisnis” (Terjemahan: Business Model Generation). Pertama, Apakah anda memiliki semangat kewirausahaan? Kedua, Apakah anda selalu berpikir tentang bagaimana cara menciptakan nilai dan membangun bisnis baru, atau bagaimana cara meningkatkan atau mengubah organisasi? Ketiga, Apakah anda mencoba cara-cara inovatif dalam berbisnis untuk menggantikan cara-cara lama yang sudah usang?

Jika anda menjawab “Ya” untuk salah satu dari ketiga pertanyaan tersebut, maka diucapkan selamat bergabung dalam grup para visioner, penggerak perubahan, dan pendpbrak yang berjuang menantang model bisnis yang ketinggalan zaman dan mendesain perusahaan masa depan.  

Buku yang ditulis oleh Pakar Strategi Manajemen asal Swiss, Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur, berupaya membuka cakrawala baru dalam mendesak lahirnya inovasi baru dan mendobrak kemapanan unit usaha yang sedang anda bangun. Bahkan selain strategi, juga terkesan menjadi panduan teknis dan praktis karena dipersenjatai oleh sembilan kelompok perhatian yang ditulis dalam selembar Kanvas Model Bisnis. Kesembilan kelompok  perhatian itu adalah: (1) Customer Segmen-Segmen pelanggan; (2) Value Proposition-Proposisi Nilai; (3) Channel-Saluran; (4) Customer relationship-Hubungan Pelanggan; (5) Revenue Stream-Arus Pendapatan; (6) Key Resources-Sumberdaya Utama; (7) Key Activities-Aktivitas Kunci; (8) Key Partnership-Kemitraan Utama; (9) Cost Structure-Struktur Biaya.

Untuk mengetahui makna kesembilan kelompok perhatian itu, Anda harus membeli, membaca, mengkaji, dan menerapkan latihan-latihannya supaya juga mendapatkan manfaat buku ini.

Keunggulan buku ini terletak pada keterbukaan pemikiran yang digagas oleh penulisnya, sehingga sajiannya merupakan ringkasan jejak 470 praktisi bisnis dari 45 negara. Sebuah peta kognitif yang berupaya mengantarkan Anda untuk segera menjawab permasalahan bisnis yang sedang Anda hadapi. Paling tidak, Anda tidak lagi mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan Pengusaha lain.

Bahkan buku yang diterjemahkan keberbagai bahasa ini, termasuk Bahasa Indonesia, mampu memperkuat buku manajemen lain seperti Blue Ocean Strategy dan Business Plan, melalui pola pikir dan pola tindak yang dipandu dalam hanya selembar Kanvas Model Bisnis.

Selamat membaca!


Judul               : Busines Model Generation
Penulis            : Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur
Penerbit           : Elex Media Komputindo-Indonesia
Tahun              : 2010
ISBN               : 978-0470-87641-1
Halaman         : 292


Kontak penulis diemail syukrimnur@gmail.com jika anda mengalami kesulitan dalam mengkaji buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar